Jumat, 10 Januari 2014

Mitra Kerjasama ( Collaborative Commerce )

Kolaboratif commerce (c-commerce)
Penggunaan teknologi digital yang memungkinkan perusahaan untuk bersama-sama merencanakan, merancang, mengembangkan, mengelola, dan produk penelitian, jasa, dan inovatif EC aplikasi
Kolaborasi hub (c-hub)
Titik pusat kontrol untuk pasar e-. Sebuah tunggal c-hub, merupakan salah satu e-market pemilik, dapat host beberapa ruang kolaborasi (c-spasi) di mana mitra dagang menggunakan c-enabler untuk bertukar data dengan c-hub
- Vendor dikelola persediaan (VMI)
Praktek pemasok pengecer 'membuat bertanggung jawab untuk menentukan kapan harus memesan dan berapa banyak untuk memesan
- Pengecer-Pemasok Kolaborasi: Target Corporation
- Transportasi Bawah dan Biaya Inventarisasi dan Mengurangi Stock-Out: Unilever
- Pengurangan Waktu Siklus Desain: Clarion Malaysia
- Pengurangan Waktu Pengembangan Produk: Caterpillar, Inc
Perdagangan kolaboratif (C-commerce) 
Perdagangan ini mengacu pada bukan penjualan/ membeli EC transaksi antara dan antar organisasi. 
Beberapa kerjasama dalam perdaganagn kolaboratif:
- Retailer-suppliers. Retailers yang besar seperti Wal-Mart, bekerja sama dengan para penyalur yang utama untuk melakukan produksi dan perencanaan inventori dan peramalan akan suatu permintaan dari pasar. Kolaborasi memungkinkan para penyalur untuk meningkatkan perencanaan produksi mereka 
-Vendor-managed inventory. Disajikan oleh para suppliers besar(Procter & Gamble) kepada retailers besar(Wal-Mart). Dimana penjual memonitor dan mengisi inventori untuk pedagang eceran 
- Product design. Semua bagian dilibatkan dalam pembuatan data disain produk spesifik dan peralatan – peralatan khusus. satu contoh dari peralatan khusus adalah layar yang berbagi, di mana beberapa orang-orang dapat bekerja pada layar yang sama walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda. 
- Collaborative manufacturing. Pabrikan dapat menciptakan jaringan kolaboratif dinamis. Sebagai contoh, komponen pabrikan peralatan outsources yang original dan subasemblies ke para penyalur, yang di masa . lalu sering menciptakan permasalahan di dalam koordinasi, bekerja arus, dan komunikasi. Berbagai aktivitas bisnis untuk menuju ke arah suatu proses yang berkolaborasi: 
§ Planning and scheduling (perencanaan dan penjadwalan) 
§ Design (mendisain) 
§ New product information(informasi tentang produk baru) 
§ Product content management (manajemen isi produk) 
§ Order management (manajemen [order/ pesanan]) 
§ Sourcing and procurement (sourcing dan pengadaan)

Business to consumer (B2C) 
- Personalisasi – kemampuan untuk membuat produk, jasa / layanan, iklan, atau layanan pelanggan 
- B2C EC memungkinkan personalisasi pada biaya rendah 
- Internet memungkinkan Daftar pertanyaan(quisioner) riset pemasaran pada umumnya
Dengan adanya EC Business to consumer dapat melakukan:
- Penggunaan intelegent agents, 
Agents adalah program komputer yang melakukan tugas, mencari dan mendapat kembali informasi, mendukung pengambilan keputusan, dan bertindak sebagai tenaga ahli. Intelegent agents menggunakan tenaga ahli, atau pengetahuan mendasarkan, kemampuan yang lebih sekedar mencari dan mencocokkan,gunanya:
§ Pelanggan dapat dibantu terhadap barang apa yang harus dibeli 
§ Mencari dan membandingkan dengan harga yang ditentukan oleh para penjual 
§ Mengumpulkan informasi tentang profil pelanggan
§ Pengiklankan secara online, dapat dilakukan dengan cara: 
§ Iklan E-mail 
Muncul sebagai suatu internet yang mengiklankan dan saluran pemasaran yang mengusahakan implementasi yang hemat biaya dan suatu tanggapan lebih cepat dan lebih baik menilai dibandingkan dengan mengiklankan ke website 
§ Pop-up windows 
§ Pendekatan iklan dan isu – isu, dibagi 5: 
§ Ijin pemasaran 
§ Customizing iklan – iklan didasarkan pada profil konsumen 
§ Interaktif pemasaran – data penjahit yang didasarkan pada data pelanggan yang disimpan 
§ Menarik pengunjung pada suatu lokasi website, dengan cara: 
§ Membuat daftar search engine 
§ Mempromosikan barang/jasa 
§ Penggunaan kupon secara online 
§ Penyusunan catalog – catalog elektronik 
§ Menyediakan Layanan Pelanggan, gunanya: 
§ Membantu Pelanggan menentukan kebutuhan yang mereka cari 
§ Membantu Pelanggan memperoleh produk atau layanan 
§ Mendukung kepemilikan produk pelanggan 
§ Membantu pelanggan untuk membuang produk

Fasilitas-fasilitas yang ada di dalam layanan pelanggan: 
§ FAQs - perusahaan menyediakan Tanya jawab secara online kepada pelangan 
§ E-mail - Perusahaan dapat mengirimkan konfirmasi, informasi produk, dan instruksi ke pelanggan 
§ Chat rooms – pelanggan dapat berinteraksi dengan pelanggan lain dan dengan penjual itu sendiri yang berada di chat room

Aplikasi dari business to consumer: 
§ Electronic storefronts 
adalah suatu perluasan phisik menyimpan. Selain itu electronic storefronts adalah merupakan bisnis baru yang dimulai oleh usahawan yang lihat suatu relung pada web. Contohnya: amazon.com 
§ Electronic malls 
adalah kumpulan dari toko -toko di dalam satu alamat internet. Electronic malls biasa dikenal dengan sebutan cybermall atau E-mall. Contohnya: Shopping.yahoo.com & eshop.msn.com 
§ Issues in E-tailing 
· Sukar untuk memenuhi kwantitas yang besar dari order/ pesanan sangat kecil 
· Model bisnis yang salah 
· Berikut adalah isu yang utama yang dihadapi oleh E-tailers:
§ Channel conflict 
§ Order fulfillment 
§ Viability of online E-tailers 
§ Conflicts within click and mortar organizatios 
§ Lack of funding 
§ Incorrect revenue models

Service Industrial online 
Jenis – jenis dari Service Industrial online: 
§ Cyber banking (Cyber perbankan) 
- Perbankan rumah, dan perbankan online meliputi berbagai aktivitas perbankan sebagai pengganti bank secara fisik. Contohnya: Sfnb.com & netbank.com 
§ International and multiple currency banking (internasional dan berbagai perbankan mata uang) 
· Internasional perbankan dan kemampuan untuk menangani tukar tambah berbagai mata uang adalah kritis untuk perdagangan internasional. walaupun beberapa internasional eceran yang membeli bisa dilakukan dengan memberikan nomor kartu kredit 
· The online jobmarket 
Adalah internet menawarkan suatu lingkungan untuk pencari pekerjaan dan yang mengalami kesusahan untuk menemukan karyawan terutama yang efektif untuk mengorientasikan pekerjaan. Pasar pekerjaan online digunakan oleh :
· Job seekers (Pencari Pekerjaan) 
Para pencari pekerjaan dapat menjawab iklan ketenaga-kerjaan secara online atau mereka dapat mengambil inisiatif dan menempatkan resume pada lokasi web yang diinginkan 
§ Job offerers (Pemberi tawaran pekerjaan) 
Banyak orang atau Organisasi mengiklankan Produk atau jasa pada website mereka. 
§ Recruiting firms 
Beratus-ratus job-placement perantara dan jasa yang terkait adalah aktif pada web . mereka menggunakan halaman web mereka sendiri untuk mendiskripsikan dan mengiklankan jasa mereka lokasi web 
§ Newsgroups 
Pekerjaan yang menemukan menjadi minat bagi banyak newsgroups. Pekerjaan di (dalam) penempatan atau kategori tertentu ditempatkan/diposkan dan resume dapat dikirim 
§ Travel 
Internet adalah suatu tempat ideal untuk merencanakan, menyelidiki, secara ekonomis menyusun perjalanan dan dapat mengurangi agen-agen perjalanan yang telah ada 
§ Real estate 
Real estate adalah suatu area ideal untuk E-commerce, untuk pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
a. Dapat melihat barang yang dijual kepada banyak orang pada layar, dapat menghemat waktu untuk anda dan perantara 
b. Anda dapat melihat-lihat sesuai dengan apa yang anda inginkan dan memperlihatkan bagian dalam dan bagian luar dari properties dan dapat mempersingkat proses pencarian 
c. Anda dapat temukan informasi terperinci dan lebih detil lagi dibanding yang disediakan oleh perantara

Auctions(lelang) 
Adalah mekanisme pasar dimana para penjual menawar dan pembeli membuat suatu penawaran kepada penjual. Lelang dibagi menjadi 2 bagian yang utama:
1. Forward auctions 
Penjual tunggal melelang barang-barang kepada para pembeli potensial 
2. Reverse auctions 
Pembeli tunggal yang mau membeli suatu produk atau pelayanan

· Keuntungan lelang: 
§ Bagi penjual 
§ Meningkatkan pendapatan 
§ Menentukan harga optimal sesuai dengan permintaan pasar 
§ Dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan loyalitas 
§ Menyimpan komisi ke para perantara
· Bagi para pembeli 
· Peluang untuk menemukan barang - barang unik 
· Kesempatan dalam menentukan harga dengan lebih murah daripada harus membeli barang dengan harga asli 
· Meningkatkan kenyamanan( dapat membeli barang dengan hanya menggunakan telepon seluler)
· Bagi pelelang 
§ Dapat memperluas bisnis pelelanagn mereka 
§ Meningkatkan kedekatan dengan lokasi web; dapat menghasilkan penambahan pendapatan ke pelelang
Bartering (barter) 
Pertukaran barang-barang atau jasa tanpa suatu transaksi moneter.
Contohnya: barterbrokers.com (para perantara ini mencoba untuk temukan mitra untuk melakukan suatu barter). 

Source :
Electronic commerce 2010 : a managerial perspective.
http://funwebplanet.tripod.com/chapter_9.2.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar